Langsung ke konten utama

Tidak Ada Orang Jahat di Dunia Ini

Aku mencoba untuk terus mempercayai kata-kata itu.

Jadi teringat pesan Socrates yang mencoba beliau perjuangkan hingga menjelang kematiannya. Dia percaya bahwa, manusia mempunyai hati nurani yang tidak pernah bohong. Hati nurani ini selalu tahu mana yang benar dan mana yang salah.

Socrates juga percaya pada kebenaran dan kebaikan, dan di lubuk hati seseorang pasti kebaikan itu ada, walaupun dia berbuat salah dengan segala macam alasan duniawi yang bisa membenarkan dia. Jauh di lubuk hatinya dia tahu bahwa apa yang dilakukan adalah salah dan dia menjadi tak bahagia karenanya.

Hati nurani selalu ada disetiap manusia, melekat bersama dengan kelahirannya di dunia ini. Semua manusia tanpa terkecuali, entah itu perampok, pencuri, pembunuh, koruptor, pengemis, dan orang jahat pasti mempunyai hati nurani.

Jadi kesimpulannya memang tak ada orang jahat yang benar-benar jahat di dunia ini. Dibalik perilaku (bukan sifat) jahatnya tersimpan alasan-alasan untuk membenarkan perilaku jahatnya. Tapi sebenarnya di hati kecilnya, mereka tahu bahwa apa yang mereka lakukan bukanlah tindakan yang benar.

Pengakuan akan hati kecil ini akan mempengaruhi tingkat kebahagiaan seseorang. Orang yang mendengarkan kata hatinya akan cenderung lebih puas terhadap hidup yang dijalaninya karena ada kelegaan menjadi diri sendiri sendiri. Sedangkan orang yang tak mengindahkan kata hatinya, akan terasa kurang lengkap, ada sesuatu yang kurang pas dan akhirnya membuat dirinya menjadi tak bahagia.

Aku juga percaya, orang-orang yang telah melakukan tindakan korupsi dan sebagainya, mempunyai hidup yang tak bahagia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Tugas Sekretaris

Tugas seorang sekretaris dapat dikelompokkan ke dalam 8 macam yakni sbb : 1.Tugas–tugas rutin , yaitu tugas-tugas yang harus dikerjakan setiap hari tanpa memerlukan perintah khusus, perhatian khusus atau pengawasan khusus. Misalnya tugas membuka surat, menerima tamu, menyimpan surat/arsip, menerima telepon, menyusun dan membuat jadwal pimpinan. 2.Tugas-tugas khusus , yaitu tugas-tugas yang diperintahkan oleh pimpinan dengan penyelesaian secara khusus dengan dimintai pendapatnya, pertimbangan dan pengalamannya. Tugas tersebut diberikan karena adanya unsur kepercayaan bahwa sekretaris mampu menyimpan kerahasiaan tugas. Misalnya mengonsep surat perjanjian antara perusahaan dengan rekanan, menyusun surat-surat rahasia, menyusun acara pertemuan bisnis, pembelian kado/cinderamata, mengurus perjalanan bisnis /dinas pimpinan dan sebagainya. 3.Tugas-tugas istimewa , yaitu tugas-tugas yang menyangkut keperluan pimpinan antara lain: Merapihkan letak alat-alat tulis pimpinan be...

Daftar Spa Di Jakarta

Anggrek Spa, ITC Building, Jl. RS Fatmawati 39, South Jakarta, Tel.: (62)(21) 7279 0034. Bliss Spa, Komplex Daan Mogot Baru, Block 1A/12-A, West Jakarta, Tel.: (62)(21) 545 7891 Bloomday Spa, Jl Proklamasi 91, Central Jakarta, Tel.: (62)(21) 390 0945. Casanova Spa, Jl. Angkasa 1, Kemayoran, Tel.: (62)(21) 625 5555. Cemara Spa, Jl. Kemang Raya 1 Oktroi Plaza LL8, South Jakarta, Tel.: (62)(21) 719 7618. Citra Sauna and Spa, Jl. Wijaya II, Wijaya Grha Puri, Block F/48, South Jakarta, Tel.: (62)(21) 725 1717. Delta Spa, Jl Gn Sahari Raya 2 Ruko Marinatama Bl F/21-23, Jakarta 14420, Tel.: (62)(21) 640 4255. Divas Day Spa, Jl. RS Fatmawati 7, South Jakarta, Tel.: (62)(21) 751 4580. Executive Spa, Taman Surya Block J-2/6, 6A, 6B, 7, North , Jakarta, Tel.: (62)(21) 540 6617. Fortune Spa, Jl KH Mas Mansyur 13, Jakarta 10220, Tel.: (62)(21) 572 2151. Galaxi Spa, Jl RS Fatmawati 15 Golden Plaza, Block H3-8, Tel.: (62)(21) 7591 4687. Gaya Spa, Jl Wolter Mongonsidi 2...

MEMELIHARA KEHARMONISAN KERJASAMA

Pada dasarnya individu sebagai mahluk sosial tidak berdaya tanpa adanya hubungan sosial dengan lingkungan. Tidak mungkin dalam kehidupan sosial terjadi perilaku independen; dalam pengertian mampu bekerja sendiri. Apalagi dalam suatu tim kerja. Disitu pasti ada interaksi sosial. Terdapat interdependensi atau saling bergantung untuk mencapai tujuan bersama. Namun dalam prakteknya yang seharusnya terjadi interaksi positif malah interaksi negatif. Konflik individu,sebagai embryio, bisa melebar menjadi konflik antarpelaku subsistem. Lalu dimana dan bagaimana peran manajer melihat kejadian seperti ini? Manajer seharusnya memantau setiap kejadian yang cenderung bakal mengarah pada konflik. Karena itu setiap ada indikasi maka secepat itu pula manajer harus bertindak mengatasinya. Sekali suatu situasi konflik ada indikasi meluas maka akan sangat terlambat dan semakin sulit untuk mengatasi konflik. Tidak mudah untuk melakukan pemulihan seperti sediakala, paling tidak dalam hal bentuk ke...