Hubungan kerja di kantor memang tak selalu mulus. Ada kalanya muncul kawan sekerja yang tak simpatik pada Anda, bahkan cenderung bersikap meremehkan.
Sikap meremehkan antara lain bila teman membuat Anda atau hasil pekerjaan Anda tampak tidak bermutu, mencuri ide Anda, meremehkan Anda di dalam rapat, atau berbohong kepada atasan dan anak buahnya mengenai diri Anda.
Sikap ini dapat menciptakan suasana kerja yang tidak menyenangkan, tetapi untuk mengatasinya Anda dapat menggunakan strategi berikut ini:
* Ciptakan kerjasama yang baik. Hormati dan hargai sesama rekan karena satu saat bila Anda diremehkan oleh seseorang, mereka pasti akan membantu Anda pada gilirannya.
* Dokumentasikan ide-ide Anda. Kirimkan langsung ke atasan tanpa membahasnya terlebih dahulu dengan sesama rekan sekerja.
* Perluas wawasan di luar kantor. Jadilah pembicara pada seminar-seminar yang sesuai dengan bidang Anda, bergabunglah dengan yayasan-yayasan sosial. Dengan demikitan tidak mudah bagi orang lain untuk menjatuhkan Anda.
* Hadapi. Datangi rekan sekerja yang mengganggu Anda. Jelaskan apa yang Anda rasakan. Minta penjelasan, mengapa dia meremehkan Anda. Dengan demikian, dia akan menyadarinya dan menghentikan sikap buruknya.
* Pendekatan moral. Bila mendengar komentar negatif mengenai salah seorang rekan sekerja, cari tahu kebenarannya. Bila ternyata berita negatif tersebut benar, tanyakan langsung kepada orang yang bersangkutan.
Sikap meremehkan antara lain bila teman membuat Anda atau hasil pekerjaan Anda tampak tidak bermutu, mencuri ide Anda, meremehkan Anda di dalam rapat, atau berbohong kepada atasan dan anak buahnya mengenai diri Anda.
Sikap ini dapat menciptakan suasana kerja yang tidak menyenangkan, tetapi untuk mengatasinya Anda dapat menggunakan strategi berikut ini:
* Ciptakan kerjasama yang baik. Hormati dan hargai sesama rekan karena satu saat bila Anda diremehkan oleh seseorang, mereka pasti akan membantu Anda pada gilirannya.
* Dokumentasikan ide-ide Anda. Kirimkan langsung ke atasan tanpa membahasnya terlebih dahulu dengan sesama rekan sekerja.
* Perluas wawasan di luar kantor. Jadilah pembicara pada seminar-seminar yang sesuai dengan bidang Anda, bergabunglah dengan yayasan-yayasan sosial. Dengan demikitan tidak mudah bagi orang lain untuk menjatuhkan Anda.
* Hadapi. Datangi rekan sekerja yang mengganggu Anda. Jelaskan apa yang Anda rasakan. Minta penjelasan, mengapa dia meremehkan Anda. Dengan demikian, dia akan menyadarinya dan menghentikan sikap buruknya.
* Pendekatan moral. Bila mendengar komentar negatif mengenai salah seorang rekan sekerja, cari tahu kebenarannya. Bila ternyata berita negatif tersebut benar, tanyakan langsung kepada orang yang bersangkutan.
Komentar
Posting Komentar