Langsung ke konten utama

Bila Diremehkan Rekan Sekerja

Hubungan kerja di kantor memang tak selalu mulus. Ada kalanya muncul kawan sekerja yang tak simpatik pada Anda, bahkan cenderung bersikap meremehkan.

Sikap meremehkan antara lain bila teman membuat Anda atau hasil pekerjaan Anda tampak tidak bermutu, mencuri ide Anda, meremehkan Anda di dalam rapat, atau berbohong kepada atasan dan anak buahnya mengenai diri Anda.

Sikap ini dapat menciptakan suasana kerja yang tidak menyenangkan, tetapi untuk mengatasinya Anda dapat menggunakan strategi berikut ini:

* Ciptakan kerjasama yang baik. Hormati dan hargai sesama rekan karena satu saat bila Anda diremehkan oleh seseorang, mereka pasti akan membantu Anda pada gilirannya.

* Dokumentasikan ide-ide Anda. Kirimkan langsung ke atasan tanpa membahasnya terlebih dahulu dengan sesama rekan sekerja.

* Perluas wawasan di luar kantor. Jadilah pembicara pada seminar-seminar yang sesuai dengan bidang Anda, bergabunglah dengan yayasan-yayasan sosial. Dengan demikitan tidak mudah bagi orang lain untuk menjatuhkan Anda.

* Hadapi. Datangi rekan sekerja yang mengganggu Anda. Jelaskan apa yang Anda rasakan. Minta penjelasan, mengapa dia meremehkan Anda. Dengan demikian, dia akan menyadarinya dan menghentikan sikap buruknya.

* Pendekatan moral. Bila mendengar komentar negatif mengenai salah seorang rekan sekerja, cari tahu kebenarannya. Bila ternyata berita negatif tersebut benar, tanyakan langsung kepada orang yang bersangkutan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Tugas Sekretaris

Tugas seorang sekretaris dapat dikelompokkan ke dalam 8 macam yakni sbb : 1.Tugas–tugas rutin , yaitu tugas-tugas yang harus dikerjakan setiap hari tanpa memerlukan perintah khusus, perhatian khusus atau pengawasan khusus. Misalnya tugas membuka surat, menerima tamu, menyimpan surat/arsip, menerima telepon, menyusun dan membuat jadwal pimpinan. 2.Tugas-tugas khusus , yaitu tugas-tugas yang diperintahkan oleh pimpinan dengan penyelesaian secara khusus dengan dimintai pendapatnya, pertimbangan dan pengalamannya. Tugas tersebut diberikan karena adanya unsur kepercayaan bahwa sekretaris mampu menyimpan kerahasiaan tugas. Misalnya mengonsep surat perjanjian antara perusahaan dengan rekanan, menyusun surat-surat rahasia, menyusun acara pertemuan bisnis, pembelian kado/cinderamata, mengurus perjalanan bisnis /dinas pimpinan dan sebagainya. 3.Tugas-tugas istimewa , yaitu tugas-tugas yang menyangkut keperluan pimpinan antara lain: Merapihkan letak alat-alat tulis pimpinan be...

Daftar Spa Di Jakarta

Anggrek Spa, ITC Building, Jl. RS Fatmawati 39, South Jakarta, Tel.: (62)(21) 7279 0034. Bliss Spa, Komplex Daan Mogot Baru, Block 1A/12-A, West Jakarta, Tel.: (62)(21) 545 7891 Bloomday Spa, Jl Proklamasi 91, Central Jakarta, Tel.: (62)(21) 390 0945. Casanova Spa, Jl. Angkasa 1, Kemayoran, Tel.: (62)(21) 625 5555. Cemara Spa, Jl. Kemang Raya 1 Oktroi Plaza LL8, South Jakarta, Tel.: (62)(21) 719 7618. Citra Sauna and Spa, Jl. Wijaya II, Wijaya Grha Puri, Block F/48, South Jakarta, Tel.: (62)(21) 725 1717. Delta Spa, Jl Gn Sahari Raya 2 Ruko Marinatama Bl F/21-23, Jakarta 14420, Tel.: (62)(21) 640 4255. Divas Day Spa, Jl. RS Fatmawati 7, South Jakarta, Tel.: (62)(21) 751 4580. Executive Spa, Taman Surya Block J-2/6, 6A, 6B, 7, North , Jakarta, Tel.: (62)(21) 540 6617. Fortune Spa, Jl KH Mas Mansyur 13, Jakarta 10220, Tel.: (62)(21) 572 2151. Galaxi Spa, Jl RS Fatmawati 15 Golden Plaza, Block H3-8, Tel.: (62)(21) 7591 4687. Gaya Spa, Jl Wolter Mongonsidi 2...

MEMELIHARA KEHARMONISAN KERJASAMA

Pada dasarnya individu sebagai mahluk sosial tidak berdaya tanpa adanya hubungan sosial dengan lingkungan. Tidak mungkin dalam kehidupan sosial terjadi perilaku independen; dalam pengertian mampu bekerja sendiri. Apalagi dalam suatu tim kerja. Disitu pasti ada interaksi sosial. Terdapat interdependensi atau saling bergantung untuk mencapai tujuan bersama. Namun dalam prakteknya yang seharusnya terjadi interaksi positif malah interaksi negatif. Konflik individu,sebagai embryio, bisa melebar menjadi konflik antarpelaku subsistem. Lalu dimana dan bagaimana peran manajer melihat kejadian seperti ini? Manajer seharusnya memantau setiap kejadian yang cenderung bakal mengarah pada konflik. Karena itu setiap ada indikasi maka secepat itu pula manajer harus bertindak mengatasinya. Sekali suatu situasi konflik ada indikasi meluas maka akan sangat terlambat dan semakin sulit untuk mengatasi konflik. Tidak mudah untuk melakukan pemulihan seperti sediakala, paling tidak dalam hal bentuk ke...