Langsung ke konten utama

"Obat Mujarab“ Perbaiki Sikap

Anda merasa 10 kebiasaan buruk manajer dalam tulisan sebelumnya ada salah satu di diri Anda? Tak perlu panik, untuk memperbaiki diri, "pengobatannya" cukup sederhana, kok. Berikut ini "obat" mujarab untuk para manajer.

1. Mengamati apakah ada kesesuaian antara perilaku pada situasi saat bekerja dan saat tidak bekerja. Jika tak ada kesesuaian, perlu dikembangkan.

2. Meneliti apakah perilaku pada pekerjaan merupakan contoh nilai perusahaan dan nilai pribadinya.

3. Meminta pegawai untuk jujur memberi umpan balik pada gaya pimpinannya. Jika Anda yang menggencet, tampaknya tak seorangpun yang akan berkata jujur karena mereka pasti takut pada Anda.

4. Jika senior manajer melihat manajer lain memperlihatkan perilaku menggencet, ia harus memberi saran dan membantu mengubah perilaku ini secara positif.

5. Berhenti menghindar dari masalah-masalah sulit. Sebaliknya, hadapi! Jika sejak awal Anda berani menghadapi masalah, selanjutnya akan lebih mudah mengatasinya. Akan lebih baik jika didukung oleh HRD atau manajer lain yang bisa memberi ide bermanfaat dalam mengelola situasi.

6. Bersikap sopan terhadap siapapun, bahkan jika awalnya tak timbul secara alami. Namun, seiring berjalannya waktu, sikap baik ini akan jadi kebiasaan.

7. Katakan sesungguhnya, atau jika merasa tak pantas berterus terang, katakan Anda tak bisa memberi komentar, dan ini membuat hidup jadi lebih mudah.

Sebagian besar „pengobatan" ini terpusat pada meluruskan sikap dan nilai-nilai pribadi di tempat kerja atau bukan. Semua tergantung pada direksi perusahaan dalam menganalisa sikap buruk ini. Mereka pun harus berani berterus terang jika melihat sikap buruk ini terjadi pada kolega atau bawahannya.

Sikap ini menjadi wajar bila diterima. Jika senior manajer terlalu sering menghindar dalam mengkonfrontasi, sikap buruk ini akan menjalar ke semua tingkatan dalam organisasi. Dan pengobatan ini akan tampak sulit atau percuma saja.

Namun, jika Anda mengikutinya, hidup akan jadi lebih mudah dan tak bikin stres. Bekerja harus menyenangkan, membuat semangat dan berkomitmen mencapai sasaran umum. Ini tanggung jawab pimpinan dalam menciptakan tempat kerja yang produktif. Setiap pemimpin perusahaan harus merefleksikan perilakunya untuk memastikan, sikapnya sesuai dengan nilai pribadi dan perusahaannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Tugas Sekretaris

Tugas seorang sekretaris dapat dikelompokkan ke dalam 8 macam yakni sbb : 1.Tugas–tugas rutin , yaitu tugas-tugas yang harus dikerjakan setiap hari tanpa memerlukan perintah khusus, perhatian khusus atau pengawasan khusus. Misalnya tugas membuka surat, menerima tamu, menyimpan surat/arsip, menerima telepon, menyusun dan membuat jadwal pimpinan. 2.Tugas-tugas khusus , yaitu tugas-tugas yang diperintahkan oleh pimpinan dengan penyelesaian secara khusus dengan dimintai pendapatnya, pertimbangan dan pengalamannya. Tugas tersebut diberikan karena adanya unsur kepercayaan bahwa sekretaris mampu menyimpan kerahasiaan tugas. Misalnya mengonsep surat perjanjian antara perusahaan dengan rekanan, menyusun surat-surat rahasia, menyusun acara pertemuan bisnis, pembelian kado/cinderamata, mengurus perjalanan bisnis /dinas pimpinan dan sebagainya. 3.Tugas-tugas istimewa , yaitu tugas-tugas yang menyangkut keperluan pimpinan antara lain: Merapihkan letak alat-alat tulis pimpinan be...

Daftar Spa Di Jakarta

Anggrek Spa, ITC Building, Jl. RS Fatmawati 39, South Jakarta, Tel.: (62)(21) 7279 0034. Bliss Spa, Komplex Daan Mogot Baru, Block 1A/12-A, West Jakarta, Tel.: (62)(21) 545 7891 Bloomday Spa, Jl Proklamasi 91, Central Jakarta, Tel.: (62)(21) 390 0945. Casanova Spa, Jl. Angkasa 1, Kemayoran, Tel.: (62)(21) 625 5555. Cemara Spa, Jl. Kemang Raya 1 Oktroi Plaza LL8, South Jakarta, Tel.: (62)(21) 719 7618. Citra Sauna and Spa, Jl. Wijaya II, Wijaya Grha Puri, Block F/48, South Jakarta, Tel.: (62)(21) 725 1717. Delta Spa, Jl Gn Sahari Raya 2 Ruko Marinatama Bl F/21-23, Jakarta 14420, Tel.: (62)(21) 640 4255. Divas Day Spa, Jl. RS Fatmawati 7, South Jakarta, Tel.: (62)(21) 751 4580. Executive Spa, Taman Surya Block J-2/6, 6A, 6B, 7, North , Jakarta, Tel.: (62)(21) 540 6617. Fortune Spa, Jl KH Mas Mansyur 13, Jakarta 10220, Tel.: (62)(21) 572 2151. Galaxi Spa, Jl RS Fatmawati 15 Golden Plaza, Block H3-8, Tel.: (62)(21) 7591 4687. Gaya Spa, Jl Wolter Mongonsidi 2...

MEMELIHARA KEHARMONISAN KERJASAMA

Pada dasarnya individu sebagai mahluk sosial tidak berdaya tanpa adanya hubungan sosial dengan lingkungan. Tidak mungkin dalam kehidupan sosial terjadi perilaku independen; dalam pengertian mampu bekerja sendiri. Apalagi dalam suatu tim kerja. Disitu pasti ada interaksi sosial. Terdapat interdependensi atau saling bergantung untuk mencapai tujuan bersama. Namun dalam prakteknya yang seharusnya terjadi interaksi positif malah interaksi negatif. Konflik individu,sebagai embryio, bisa melebar menjadi konflik antarpelaku subsistem. Lalu dimana dan bagaimana peran manajer melihat kejadian seperti ini? Manajer seharusnya memantau setiap kejadian yang cenderung bakal mengarah pada konflik. Karena itu setiap ada indikasi maka secepat itu pula manajer harus bertindak mengatasinya. Sekali suatu situasi konflik ada indikasi meluas maka akan sangat terlambat dan semakin sulit untuk mengatasi konflik. Tidak mudah untuk melakukan pemulihan seperti sediakala, paling tidak dalam hal bentuk ke...